Tutorial Membuat Daftar Isi
Otomatis, Cepat dan Mudah | Reisha Febianti
Daftar isi merupakan salah satu unsur
terpenting dalam suatu makalah atau laporan. Dengan daftar isi, memudahkan kita
untuk menemukan halaman atau poin-poin tertentu dari sebuah makalah.
Kadangkala, membuat daftar isi dianggap sulit apalagi ketika banyaknya poin
yang harus dimuat dalam daftar isi tersebut. Padahal, di Microsoft word
sendiri menyediakan tools yang dapat membantu kita untuk membuat daftar
isi secara otomatis dan mudah, sehingga lebih mempersingkat waktu. Di postingan
ini, akan membahas secara rinci cara membuat daftar isi secara otomatis cepat
dan mudah.
Hal pertama yang perlu dilakukan
di dalam membuat daftar isi yang mudah dan cepat adalah mengatur nomor halaman.
Jika, angka halaman menggunakan jenis yang sama maka tidak ada kesulitan. Kamu
hanya perlu mengaturnya di bagian Page. Akan tetapi, apabila angka
halaman menggunakan nomor yang berbeda, maka ikuti langkah singkat berikut agar
nomor halaman bisa tetap berbeda di dalam dokumen yang sama.
1. Buat
batasan diantara jenis angka halaman yang berbeda, menggunakan Section
Breaks (next page) pada tab Layout. Misalnya kamu menggunakan angka romawi dan
angka desimal. Maka, buat batasan antara akhir halaman berangka romawi dan
awal halaman berangka desimal.
Tips :
Biasanya halaman yang diatur menggunakan Section Breaks akan
menambah satu halaman kosong. Kamu bisa menghapusnya dengan mengubah tampilan
document menjadi tampilan draft pada tab View.
2. Selanjutnya
memberi nomor pada halaman. Pada tab Insert bagian Page Number
pilih letak nomor halaman yang kamu inginkan. Kamu dapat mengatur jenis angka,
pada bagian Format Page Numbers
 |

Tampilan Format Page Numbers. Bagian Number Format
untuk mengubah jenis nomor halaman. Include Chapter Number tidak usah
dicentang. Bagian Page Numbering untuk menentukan nomor halaman, bisa
dilanjutkan dari nomor sebelumnya atau menentukan nomor halaman yang baru.
Setelah membuat nomor halaman,
maka tahap selanjutnya adalah membuat daftar isi secara otomatis. Berikut
tahapan-tahapannya : 3. Block setiap poin yang ingin dimuat di daftar isi dan
bagi berdasarkan Level di tab References pada bagian Add Text. Level
1 untuk Judul Bab, Level 2 untuk Judul Sub-Bab, dan Level 3 untuk Judul
Sub-Sub-Bab.
4. Pastikan tidak ada bagian laporan lain yang ikut termuat di dalam Tabel of Content. Cara mengeceknya dengan mengaktifkan Navigation Pane pada tab View.
Untuk menghilangkan tulisan yang
dianggap tidak perlu untuk dimuat pada daftar isi, cukup block barisan kalimatnya dan pilih Do Not Show
in Table Content di bagian Add Text. 5. Setelah
semua sub-bab telah ditambahkan pada bagian Add Text, posisikan kursor
pada halaman daftar isi. Klik Table of Contents pada Tab References
dan pilih Automatic Table 1.
Daftar isi yang
otomatis akan tersedia. Jika kamu mengubah nomor halaman maka cukup klik Update
Table pada bagian Daftar Isi untuk mengupdate nomor halaman yang baru. Demikianlah
urutan pembuatan daftar isi otomatis yang cepat dan mudah. Semoga membantu
kalian di dalam penyusunan laporan, makalah atau skripsi yaa. Sekian dan Terimakasih. Reisha Febianti
|
Komentar
Posting Komentar